Saturday, November 23, 2013

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air

 *** Tulisan Softskill [3] TOU *** 

     Aku tergerak untuk menulis tentang cara traditional menghilangkan bekas cacar air di wajah, karena 2 minggu yang lalu aku menderita sakit cacar air di usiaku ke 19 tahun. Dan itu sangat mengganggu penampilanku sebagai mahasiswi. Semoga tulisan ini bisa membantu teman-teman yang saat ini sedang menderita cacar air.  Tulisanku kali ini tentang pengalaman bagaimana cara perawatan terbaik sesudah terkena cacar air. Tentu banyak dari kita yang tidak menginginkan bekas hitam cacar air melekat di wajah. Selama diisolasi di rumah karena penyakit ini, aku mempunyai banyak kesempatan untuk mencari informasi tentang cacar air via internet. Salah satunya adalah cara menghilangkan bekas cacar air di wajah. Menarik sekali, karena ternyata caranya sederhana dan murah.
     Selama hampir 1 minggu aku menderita cacar air, ya sangat sebentar tapi bekasnya itu yang membuat aku sedih, aku sama sekali tidak menggaruknya tapi aku kurang info kalau cacar juga tidak boleh tergesek atau di gosok L alhasil banyak cacar yang berbekas di tubuh dan wajahku saat itu.Obat yang diberikan dari dokterku sangat banyak mulai dari obat anti virus, anti gatal, demam, sampai vitamin hingga salep untuk obat luarnya. Berdasarkan informasi yang kuperoleh dari internet, aku berusaha melakukan yang terbaik dalam proses penyembuhan dari penyakit ini. Berusaha makan, minum dan istirahat cukup untuk menjaga kondisi fisikku. Menjaga kebersihan juga obat yang baik untuk penyakit ini. Meski ada pendapat yang mengatakan bahwa selama menderita cacar air dilarang mandi, tetapi menurut pengalamanku setiap hari mandi dengan hati-hati dengan menggunakan sabun antiseptik dan menggunakan air hangat dicampur PK (obat anti kuman yg berwarna ungu) untuk mengurangi rasa gatal sangatlah membantu untuk mempercepat proses penyembuhan. Usahakan agar benjolan tidak pecah selama mandi.
     Setiap hari mengganti baju, sprei dan sarung bantal. Segatal apa pun berusahalah untuk tidak menggaruk benjolan sehingga tidak menimbulkan luka. Biarkan benjolan itu mengering dan mengelupas dengan sendirinya. Memang, setelah itu tetap akan timbul bekas, tetapi bekas ini akan lebih mudah hilang jika dibandingkan dengan luka yang lebih dalam karena bekas garukan.

     Dari informasi yang kuperoleh, ada beberapa cara sederhana untuk menghilangkan bekas cacar air ini. Salah satunya, yang bisa dengan mudah kuperoleh di sini dan harganya tidak mahal adalah mentimun. Mentimun mengandung vitamin C dan potasium yang baik untuk menangkal radikal bebas, tetapi juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi dan menyegarkan. Joel Schlessinger, MD, ahli kulit dari Omaha, Nebraska, menyimpulkan bahwa mentimun juga memiliki kandungan silika yang dapat meningkatkan produksi kolagen dan mencegah munculnya keriput. Tidak heran, banyak produk yang menggunakan mentimun sebagai bagian penting dalam perawatan kulit baik untuk mengencangkan, melembabkan kulit, mengatasi jerawat, dan bahkan untuk menghilangkan bekas luka pada kulit. (dari:http://www.deherba.com/7-cara-alami-terbaik-untuk-menghilangkan-bekas-luka.html).
     Caranya adalah haluskan mentimun, bisa dengan blender atau diparut. Lalu peras dan gunakan airnya untuk masker, atau bisa juga timun yang sudah halus itu dioleskan pada muka beberapa saat sampai mengering, setelah itu basuh muka dengan air bersih. Kalau malas memarut, bisa hanya memotong tipis dan menempelkannya ke muka khususnya ke bekas cacar yang ada. Hal ini dilakukan 2 kali sehari: siang dan malam sebelum istirahat.

     Aku pribadi menggunakan Nutrimoist dari produk CNI, mama yang membelikannya utukku dan itu cukup bekerja dengan baik di wajahku. Tapi harganya sangatlah mahal. Sehingga aku tidak mungkin meminta untuk kedua kalinya ke mama hehe Aku sempat termakan iklan Dermatix (penghilang bekas luka) awalnya aku ingin mencoba tapi lagi lagi karena harganya yang mahal untuk ukuran sekecil itu dan Nutrimoistku masih ada jadi mama tidak membolehkan aku untuk membelinya -_- mungkin nanti setelah Nutrimoistnya habis aku akan mencoba Dermatix diam-diam :p
     Cara lain yang aku temukan di mbah Google adalah dengan menggunakan daun pegagan, haluskan atau buat menjadi jus dicampur madu untuk menghilangkan bekas cacar dari dalam.

     Adalagi dengan kacang hijau dan jagung muda. Kalau kacang hijau rendam terlebih dahulu lalu haluskan, jagung muda di cuci dan di parut lalu haluskan. Kedua bahan ini oleskan dimuka sebagai masker 2x sehari sebelum mandi.

     Langkah yang terakhir adalah berjemur di bawah sinar matahari sebelum jam 08:00 karena sinar matahari pada jam tersebut sangat bisa membantu regenerasi kulit sehingga bekas cacar pun akan memudar dan menghilang lalu jangan lupa juga dengan banyak mengkonsumsi air putih, vitamin C dan vitamin E vitamin C, E dan perbanyak air putih dapat menghilangkan bekas cacar pada tubuh dan wajah Anda.  
     Jika bekas cacar sudah terlanjur membekas apalagi sampai membuat lubang yang dalam dan sangat mengganggu penampilan, apabila ini terjadi di wajah, aku menyarankan agar mengkonsultasikannya kepada dokter kulit. 
     Semoga tulisanku ini membantu teman-teman yang saat ini sedang menderita penyakit cacar air khususnya untuk remaja dan susah menghilangkan bekasnya terutama diwajah. Selamat mencoba ^^ GLUCK!! - Ayu

Referansi: 
http://indahnyaberserah.wordpress.com/2013/04/13/cara-traditional-menghilangkan-bekas-cacar-di-wajah/
http://tentangwanita.com/dunia-wanita/cara-menghilangkan-bekas-cacar-dengan-ampuh.html
http://wwwmeulampejo.blogspot.com/2013/09/cara-menghilangkan-bekas-cacar.html
=============================
Nama  : Ayu Indriati Rahayu
NPM   : 11112283
Kelas : 2KA27
=============================

26 comments:

  1. keren blognya.. owh ia ,kalau ngobatin jerawat tips ini bgus banget carany , kalau cegah jerawat kayanya dengan olahraga teratur efektif banget, dengan keringat keluar yg cukup.. kliatany toksin di balik permukaan kulit itu dibawa keluar sama keringat.. ia ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap bener banget dan cara paling efektif dan praktis sebenernya rajin minum air putih :)

      Delete
  2. Kalo bekas cacar air ny ud 7thn gmna ka? Masih bisa ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya sih bisa tp mungkin harus ekstra sabar syg :)

      Delete
  3. Ka kaka pake nutrimoist brp lama ilangnya yg di muka?hehehe

    ReplyDelete
  4. Ka kaka pake nutrimoist brp lama ka ilangnya yg dimuka?hehe trs kaka pake yg cara tradisional juga gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku cacar cuma sebentar, bekasnya juga cuma 1-2bln karena selama cacar aku engga mandi tp tetep jaga kebersihan dengan rajin mengganti pakaian.. aku cuma pakai salep dari dokter 1tube dan nutrimoist 2tube engga pake dermatix / cara tradisional lainnya :p hehe

      Delete
  5. Kak, harga nutrimoist berapa ya?._. Aku mau beli sendiri, soalnya waktu berobat ke dokter kulit itu habis 400K dan gadikasih salep penghilang bekas:'( kalau konsul lagi, habislah uang jajan akuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh.. aku berobat ke dokter umum deket rumah aja kayaknya ga sampe 100k :'D aku di kasih salep biar cepet kering, nutrimoist itu di pakai pas obat dokternya udh habis, cacarnya udah berhenti dan mau ngering cuma biar cepet kering & ga berbekas aja..
      kamu bisa beli nutrimoist di apotik / agen CNI gitu dear :)

      Delete
  6. Kak, harga nutrimoist berapa ya?._. Aku berobat ke dokter kulit tp gadikasih salep penghilang bekas lukanya:|

    ReplyDelete
  7. Makasih ya kak blog nya sangat membantu

    ReplyDelete
  8. Muka kakk bersih tu ga ada bekas nya

    ReplyDelete
  9. Kapan pake salep penghilang bekas lukanya? Kalo cacar airnya bru kering bisa ngga? Ato hrs tggu smpe lukanya sembuh total?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau salep dipakainya dari awal cacar sampe cacarnya udah mau kering :) itu salep dr dokter

      Delete
  10. Pakenya kpn? Bisa ngga pas luka cacar airnya smntara kering ato hrs sembuh total dlu lukanya bru bisa pake salep penghilang bks lukanya??

    ReplyDelete
  11. kalau ngilangin kuman air bisa ga nih? thanks informasinya :)

    ReplyDelete
  12. kalau nyembuhin cacar air nya gimana tuh? thanks

    ReplyDelete
  13. cacar air itu mah ga bisa di obatin selama proses keluarnya air dari cacar itu sendiri,obat apapun ga ada yang manjur, paling kita minum antibiotik ama obat pereda rasa gatal aja supaya ga terlalu mengganggu rasa gatalnya di badan kita, tapi nanti juga secara alami kempes sendiri

    ReplyDelete
  14. terimakasih sudah berbagi :)
    sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  15. sangat bermanfaat nih infonya, makasih ka :)

    ReplyDelete
  16. Mantanp gan.... artikelnya sangat bermanfaat.... Thanks ya....!!!

    ReplyDelete
  17. Jika membutuhkan nutrimoist bisa menghubungi Natalia Hp, 085271027045, Pin BB 5A690BA4

    ReplyDelete
  18. Punya ku berlubang. Lumayan dalam. Dan ganggu penampilan banget. Insha Allah.. Mau pake bio oil. Doain ya kak. Semoga sembuh.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...